Tips Menentukan Topik Penelitian Yang Akurat

Tips Menentukan Topik Penelitian Yang Akurat

Posted on

Tips Menentukan Topik Penelitian Yang Akurat – Sebelum kita masuk kelapangan untuk melakukan penelitian maka kita dituntut untuk mengajukan sebuah proposal penelitian. Ini bertujuan untuk menggambarkan langkah sistematis yang akan kita lakukan dalam melakukan penelitian. Artinya proposal usulan penelitian ini ialah rencana penelitian penulis sebelum diaktualisasi dalam kehidupan yang sebenarnya. Jika usulan penelitian sudah tidak sempurna dari awal maka hasil dari penelitian akan kurang baik atau bahkan kurang bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait. Penyusunan dalam penelitian ini ialah tahap awal bagi peneliti dalam melakukan penelitian.

Terdapat banyak format atau pola susulan penelitian yang sudah disusun, bahkan beberapa lembaga tertentu sudah melakukan pembekuan. Karenanya maka peneliti harus mengikuti format yang sudah disediakan oleh lembaga atau instansi yang berkaitan dalam pembuatan usulan penelitian. Format tersebut sangat penting untuk menyelaraskan anatar proposal peneliti yang satu dnegan lainnya sehingga nantinya akan dapat mudah untuk dipahami dan dipelajarai oleh penguji atau pembimbing penelitian serta elemen lainnya yang bersangkutan. Dengan format ini juga akan memudahkan kita untuk membuat proposal penelitian dnegan sistematis.

Tips Untuk Menentukan Topik Penelitian

1. Penelitian harus sesuai dengan bidang sang peneliti

Ini karena peneliti wajib untuk mengetahui dan memahami dengan jelas apa saja yang termasuk wilayah kajian bidang studinya sehingga kita sebagai peneliti tidak akan meneliti diluar bidang studi.

2. Bermanfaat bagi masyarakat

Penelitian harus memiliki manfaat bagi bidang studi yang didalaminya karena penelitian akan sangat terasa bermanfaat jika langsung diterapkan dalam kehidupan.

3. Harus mengerti hakikat dasar perbedaan jenis penelitian

Ini dirasa sangat penting sehingga kita nantinya sanggup untuk menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan.

4. Masalah yang diteliti bersifat baru

Lebih baik kita mengembangkan dan menemukan sesuatu yang baru, itu tentu akan lebih dihargai.

5. Memilih tema yang sedang digandrungi atau sedang menjadi trending topic

Biasanya dengan mengambil tema yang sedang menjadi pembahasan akan memenuhi syarat dan akan disetujui oleh pembimbing.

6. Masih dalam jangkauan peneliti

Dalam meilih topik maka kita perlu mempertimbangkan beberapa segi, diantaranya ialah kemampuan dalam memecahkan masalah dalam topik yang kita angkat dalam penelitian. Dalam mempertimbangkan topik ini, kita juga perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Dana yang cukup
  • Batas waktu yang cukup untuk melakukan penelitian
  • Konsultan dan sponsor
  • Kerja sama dengan yang lain

7. Data mudah didapatkan

Walau kita memilih topik yang sangat baik akan tetapi belum tentu kita akan dengan mudah mendapatkan data yang dibutuhkan dengan mudah untuk diperoleh, karenanya kita harus menyesuaikan antara topik dan kemudahakn untuk mendapatkan data penelitian.

8. Topik yang diambil cukup penting

Topik yang diambil hgarsu penting utnuk diteliti. Terdapat dua aspek yang menjadi pertimbangan dalam memilih topik, yakni:

  • Hasil dari penelitian bisa memnuhi minat akademis dan masyarakat luas
  • Topik bukan hasil dari menjiplak atau duplikasi atau plagiat dari topik-topik yang sudah pernah diteliti oleh peneliti lain.

9. Memilih topik yang menarik

Kenapa kita harus memilih topik yang menarik, itu karena akan menarik minat dan semangat peneliti untuk melakukan penelitin yang sudah ia tentukan.

Hadi dalam Tanjung dan Ardial (2005:24) menambahkan juga bahwa pentingnya masalah untuk diselidiki umumnya dikaitkan pada beberapa hal. diantaranya:

  • Masalah tersebut menyangkut kepentingan umum, baik bersifat mendesak atau tidak.
  • Masalah tersebut ialah mata rantai, jika masalah tersebut tidak dipecahkan akan banyak masalah lain yang akan terbengkalai
  • Masalah yang diangkat bersifat penting dan pemecahannya bisa mengisi kekosongan dan kekurangan dalam ilmu pengetahuan serta lainnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Tips Menentukan Topik Penelitian Yang Akurat, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>