Contoh dan Cara Membuat Surat Jalan

Contoh dan Cara Membuat Surat Jalan

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Jalan – Surat jalan ialah surat yg di gunakan untuk mengiringi pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan mneggunakan kendaraan pengangkut sebagai alat penganggut barang atau logistik. Surat jalan pengiriman harus disertakan setiap ada pengiriman. Tujuan pengiriman dapat bermacam-macam bisa langsung menuju ke konsumen, menuju kemitra atau menuju ke distributor. Tidak perduli dengan tujuan pengiriman yang penting setiap pengiriman harus disertai dengan surat jalan. Syrat jalan memiliki banyak arti, dapat sebagai surat pengantar dan juga dapat berfungsi sebagai tanda terima.

Surat jalan bermanfaat jika sewaktu waktu menghadapi pemeriksaaan dari Polantas di jalan raya karena surat jalan tersebut maka denagn otomatis akan diberitahukan soal barang yang sedang diangkut dalam kendaraan dan yang paling penting surat jalan tersebut harus sesuai dengan barang yang dikirim supaya dapat dipertanggung jawabkan, surat jalan juga berfungsi sebagai surat pemberitahuan.

Contoh dan Cara Membuat Surat Jalan

Dari penjelasan diats maka dapat disimpulkan bahwa hal terpenting saat membuat surat jalan ialah harus mencantumkan denagn detail terhadap barang yang sedang diantar. Apa saja yang disebutkan dalam surat harus benar-benar sama dengan barang yang diantar atau di kirim, maka dari itu sebelum mengemas barang atau memberangkatkan barang tersebut jangan lupa untuk memeriksa kembali satu persatu barang tersebut. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hel yang biasanya disebutkan dalam surat jalan ialah alamat tujuan barang, siapa yang menerima atau nama penerima, jumlah semua barang, kualitas dari barang, jika barang yanbg dikirim ialah barang beli maka silahkan cantumkan juga harga barang per quantitinya dan lampirkan juga dengan faktur barang yang dikirim tersebut.

Contoh Format Surat Jalan

Dalam surat jalan disebutkan nama dan alamat penerima barang jadi surat jalan juga bermanfaat untuk mempermudah waktu pengiriman barang karena dengan tidak adanya alamat maka barang akan susah untuk sampai pada tujuan dan dengan menuliskan alamat maka akan mempermudah sang sopit atau kenek untuk mengirimkan barang. Setelah barang sampai pada tujuan maka berikanlah surat jalan tersebut pada penerima barang. Sebagai penerima anda harus benar-benar memeriksa dan mencocokan barang yang diantar, apakah benar dan sesuai denagn barang yang anda pesan dan yang tertera dalam surat jalan tersebut. Jika semua sudah pas, cocok, oke maka anda dapat langsung meneima barang tersebut namun jika tidak sesuai anda berhak untuk menerima pertanggung jawaban dari pihak pengirim utnuk mengkonfirmasi terlebih dahulu.

Contoh Surat Jalan

Contoh dan Cara Membuat Surat Jalan

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Jalan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

Loading...