11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Posted on

11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli – Globalization yakni global yang artinya universal dan lization yang artinya proses. Jadi globalisasi ialah proses pelebaran elemen – elemen baru baik dalam pemikiran, gaya hidup, infurmasi ataupun teknologi yang denga tanpa dibatasi oleh batas negara atau dengan mendunia.

Globalisasi dapat diartikan sebgai sebuah proses dimana batas dalam suatu negara menjadi lebih sempit karena adanya sebuah kemudahan dalam berinteraksi antar negara baik dalam perdagangan, gaya hidup, informasi ataupun dalam bentuk interaksi yang lainnya.

11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Globalisasi dapat juiga diartikan sebagai suatu proses dimana dalam kehidupan sehari – hari, informasi dan ide menjadi tolak ukur standar diseluruh dunia. Proses itu dikarenakan oleh bertambahnya kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi dan transportasi serta kegiatan ekonomi yang sudah memasuki pasar dunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

1. Selo Soemardjan

Menurut beliau, globalisasi ialah sebuah atau suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada diseluruh dunia. Tujuan dari globalisasi ialah untuk mengikuti kaidah – kaidah dan sistem tertentu seperti pada PBB dan OKI.

2. Achmad Suparman

menurut beliau, globalisasi ialah suaru proses untuk menjadikan benda atau perilaku sebagai penanda atau ciri dan setiap individu dalam dunia tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.

3. Thomas L. friedman

Menurut Thomas, globalisasi memiliki dimensi teknologi dan ideologi. Dalam suatu dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia dan dimensi ideologi yang berupa kapitalisme dan pasar bebas.

4. Malcom Waters

Menurut Malcom, globalisasi ialah sebuah proses sosial yang mempunyai akibat karena pembatasan geografis pada suatu kondisi sosial budaya yang sudak kurang atau tidak penting lagi dan tidak menjadi suatu kesadaran dalam orang.

5. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Menurut Dr. Nayef, globalisasi ialah suatu prosesd yang mencakup kasus, penyebab dan konsekuensi dari perpaduan transkultural serta transional pada kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dialakukan oleh suatu mesin.

6. Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel, globalisasi ialah jaringan kerja global dengan bersamaan dalam mnyatukan masyarakat yang sebelumnya terpisah atau terpencar – pencar dan tertutup dalam saling kebergantungan dan adanya persatuan dunia.

7. Anthony Giddens

Menurut Anthony, globalisasi ialah intersifikasi hubungan masyarakat diseluruh dunia yang mengaitkan diseluruh daerah sehingga kejadian lokal dapat terbentuk dari peristiwa yang terjadi sejauh bermilo – mil dan sebaliknya.

8. Martin Albrow

Menurut Martin, globalisasi ialah seluruh proses dimana penduduk dunia akan terhubung dalam sebuah komunitas global dan dunia tunggal.

9. Princeton N. Lyman

Menurut beliau, globalisasi merupakan pertumbuhan yang cepat atas keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

10. Laurence E Rothenberg

Menurut Laurence, globalisasi ialah sebuah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan perpaduan antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari negara yang berbeda.

11. Scholte

Menurut Scholte, globalisasi ialah suatu proses meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan identitas kenegarannya, namun tetap bergantung pada antara satu dengan yang lainnya.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>