Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya
Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya

Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya – Tenaga Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen sendiri mampu menggerakan kerak bumi, baik itu kerak benua maupun kerak samudra. Tenaga endogen sendiri bersifat membangun karena mampu membentuk lipatan serta patahan pada kerak bumi sehingga muncul pegunungan dan perbukitan. Tenaga endogen juga disebabkan dari energi panas dari mantel dan kerak bumi. Energi panas ini berasal dari suatu pembusukan serta disintegrasi unsur radioaktif dan dari diferensiasi gravitasi dalam mantel. Adapun beberapa proses endogen penting dan berperan dalam evolusi bentuk tanah. Tenaga Endogen ini sendiri meliputi, tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.

Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya
Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya

Macam-Macam Tenaga Endogen

1. Tektonisme

Tektonisme merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menimbulkan patahan (fault), dislokasi (perubahan letak), serta lipatan (fold) batuan kerak bumi. patahan / sesar dan dislokasi kerak bumi yang menyebabkan terbentuk nya graben / sleng dan horst. Lipatan batuan kerak bumi ini menyebabkan terbentuk punggung lipatan (antiklinal), lembah lipatan (sinklinal), depresi, serta elevasi. Tektonisme sangat berkaitan dengan diatorpisme, yakni proses perubahan bentuk muka bumi seperti terbentuknya gunung, plato, serta lipatan dan retakan batuan. Tenaga tektonisme sendirilah yang menyebabkan gerak naik dan turun lapisan batuan kerak bumi, yang dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu :

a. Gerak Epirogenesa, merupakan gerakan tenaga tektonik yang sangat lambat dan meliputi wilayah sangat luas. gerak epirogenesa dibedakan menjadi gerak epirogenesa positif dan epirogenesa negatif.

b. Gerak Orogenesa, Merupakan gerak tenaga tektonik yang juga relatif cepat serta meliputi wilayah relatif sempit. Gerak orogenesa membentuk pegunungan, seperti pegunungan, Gerak orogenesa menimbulkan lipatan, patahan, serta retakan batuan.

2. Vulkanisme

Vulaknisme sendiri berarti gejala kegunung apian. Vulkanisme juga merupakan gejala alam yang berkaitan dengan penyusupan magma pada kerak bumi (litosfer). Magma juga merupakan batuan cair pijar serta bertempratur tinggi dalam bumi. Aktivitas magma juga disebabkan karena suhu dan tekanan magma yang tinggi didalam bumi serta dapat menimbulkan retakan dan pergeseran kerak bumi.

3. Gempa Bumi

Gempa Bumi itu merupakan getaran atau guncangan di permukaan bumi yang disebabkan oleh gelombang seismik dari pusat gempa. gempa sering terjadi akibat tumpukan antar lempeng tektonik yang disebabkan aktivitas magma didalam bumi.

Sekian ulasan tentang Pengertian dan Macam Tenaga Endogen Beserta Contohnya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...