20 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap
20 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap

20 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

20 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap – Belajar merupakan suatu proses perubahan didalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut di tampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas serta kuantitas tingkah laku, seperti dalam peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, sampai kemampuan-kemampuan yang lainnya.

20 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap
20 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Terlengkap

Dan berikut ini kami telah merangkum beberapa penjelasan para ahli tentang pengertian belajar, silahkan disimak:

1. Notoatmojo, menurutnya Belajar merupakan suatu usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.

2. Ahmadi A., menjelaskan Belajar merupakan suatu proses perubahan dalam diri manusia.

3. Nasution, menjelaskan Belajar itu merupakan proses menambah serta mengumpulkan sejumlah pengetahuan.

4. Oemar Hamalik, menuturkan bahwa Belajar merupakan bentuk dari pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman serta latihan.

5. Eenest H. Hilgard, menurutnya bahwa Belajar ialah dapat melakukan sesuatu yang di lakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya dapat berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu.

6. Cronbach, menurutnya bahwa Belajar sebaik-baiknya ialah dengan mengalami serta dalam mengalami itu menggunakan panca indranya.

7. Winkel, menjelaskan Belajar merupakan suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang dapat menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, & sikap-sikap.

8. Noehi Nasution, menjelaskan bahwa Belajar merupakan proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru tersebut bukan di sebabkan oleh adanya kematangan ataupun adanya perubahan sementara karena suatu hal.

9. Snelbecher, menjelaskan bahwa Belajar ialah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana hingga yang paling kompleks dimana proses perubahan ini harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal.

10. Whiterington, menurutnya Belajar merupakan proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana di manifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang baru dan nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, serta sikap.

11. Gagne, menjelaskan bahwa Belajar merupakan sejenis perubahan yang di perlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar serta sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan tersebut terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Dan berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

12. Moh. Surya, menurutnya belajar ialah proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil dalam pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Maka kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar itu merupakan perubahan dari diri seseorang.

13 Anni, menurutnya belajar meruapakn Proses paling penting bagi perubahan perilaku manusia & ia mencakup segala sesuatu yang dipikirkan serta dikerjakan.

14. M. Sobry Sutikno, menjelaskan bahwa belajar merupakan proses usaha yang di lakukan oleh seseorang untuk dapat memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

15. Spears, menjelaskan bahwa belajar merupakan Mengamati, membaca, imited, untuk mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti arahan.

16. Slameto, menurutnya belajar merupakan proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasilnya pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

17. Ngalim Purwanto, menjelaskan bahwa belajar merupakan setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.

18. Hintzman, Douglas L menjelaskan bahwa belajar merupakan perubahan yang terjadi dalam diri organisme, manusia ataupun hewan, yang disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.

19. Arno F. Wittig menjelaskan bahwa belajar merupakan perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laku suatu organisme sebagai hasil belajar.

20. James Patrick Chaplin menjelaskan bahwa Belajar itu dibatasi dengan dua macam rumusan. yaitu Rumusan pertama Belajar merupakan perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. sedangkan Rumusan kedua Belajar merupakan proses memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.

Itulah sekilas pengertian tentang Belajar, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Loading...