Macam-Macam Metode Pengumpulan Data

Macam-Macam Metode Pengumpulan Data

Posted on

Macam-Macam Metode Pengumpulan Data – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Macam – Macam Metode Pengumpulan Data, baiklah tidak usah berlama-lama silahkan disimak ulasannya berikut ini.

Untuk mengumpulkan suatu data dapat dilakukan dengan metode tertentu yang sesuai dengan tujuannya. Dan berikut ini merupakan alat dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan metode non tes.

Macam-Macam Metode Pengumpulan Data

A. Pengumpulan Data dengan Metode Tes

Metode ini merupakan suatu metode penelitian psikologis untuk mendapatkan informasi tentang berbagai aspek dalam tingkah laku & kehidupan batin seseorang, dengan menggunakan pengukuran (measurement) yang menghasilkan suatu deskripsi kuantitatif tentang aspek yang diteliti. Adapun Keunggulan dari metode ini ialah lebih akurat karena tes berulang-ulang direvisi & instrument penelitian yang objektif. Dan sedangkan kelemahan metode ini ialah hanya mengukur satu aspek data, yang memerlukan jangka waktu panjang karena harus dilakukan secara berulang-ulang & hanya mengukur keadaan siswa pada saat tes itu dilakukan. Adapun dari jenis-jenis tes, yaitu sebagai berikut:

  1. Tes Intelegensi
  2. Tes Bakat
  3. Tes Minat
  4. Tes Kepribadian
  5. Tes Perkembangan Vokasional
  6. Tes Hasil Belajar (Achievement Test)

B. Pengumpulan Data dengan Metode Non Tes

Berikut ini merupakan beberapa metode non tes dalam pengumpulan data:

1. Observasi

Observasi dapat diartikan suatu pengamatan & pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Observasi sendiri merupakan metode yang cukup mudah dilakukan dalam pengumpulan data. Observasi ini lebih banyak digunakan pada statistika survei, misalnya akan meneliti kelakuan orang-orang suku tertentu. Observasi ke lokasi yang bersangkutan akan dapat diputuskan alat ukur mana yang tepat untuk dipergunakan.

2. Angket atau kuesioner

Angket atau kuesioner disini merupakan suatu teknik dalam mengumpulkanan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden). Dan Instrumen atau alat dalam pengumpulan datanya juga disebut angket yang berisi sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau direspon oleh responden. Responden sendiri mempunyai kebiasaan untuk memberikan jawaban atau respon sesuai dengan presepsinya sendiri. Kuesioner juga merupakan metode penelitian yang harus dijawab oleh responden untuk menyatakan pandangannya terhadap suatu persoalan. Dan sebaiknya pertanyaan dibuat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti serta dengan kalimat-kalimat pendek dengan maksud yang jelas. Penggunaan kuesioner sebagai metode pengumpulan data terdapat beberapa keuntungan, Dan diantaranya ialah pertanyaan yang akan diajukan pada responden dapat distandarkan, responden juga dapat menjawab kuesioner pada waktu luangnya, pertanyaan yang diajukan dapat dipikirkan terlebih dahulu sehingga jawabannya dapat dipercaya dibandingkan dengan jawaban secara lisan, serta pertanyaan yang diajukan akan lebih tepat & seragam.

3. Wawancara

Wawancara informasi merupakan salah satu metode dalam pengumpulan data untuk dapat memperoleh data & informasi dari narasumber secara lisan. Adapun Proses wawancara dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan narasumbernya. Dalam proses wawancara interviewer mengajukan beberapa pertanyaan, baik dengan meminta penjelasan atau jawaban dari pertanyaan yang diberikan & membuat catatan mengenai hal-hal yang diungkapkan kepadanya.

4. Teknik Sampling

Teknik Sampel atau (contoh) merupakan sebagian anggota populasi yang diambil dengan menggunakan teknik tertentu yang disebut dengan teknik sampling. Teknik ini berguna agar:

Mereduksi para anggota populasi menjadi anggotas sampel yang mewakili populasinya (representatif), yang sehingga kesimpulan dapat dipertanggung jawabkan. Lebih teliti menghitung yang sedikit daripada yang banyak menghemat waktu, tenaga & biaya.

Adapun Teknik pengambilan sampel dapat dilakukan dengan dua cara, yakni sebagai berikut:

  1. Sampling random (probability sampling), yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (random) yang dilakukan dengan cara undian, ordinal ataupun tabel bilangan random atau dengan komputer.
  2. Sampling non random (non probability sampling), yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara tidak acak.

Itulah sekilas penjelasan tentang Macam – Macam Metode Pengumpulan Data, semoga bermanfaat.

Loading...