Polusi udara CO2 (Karbondioksida)
Polusi udara CO2 (Karbondioksida)

Jenis-Jenis Pencemaran Udara dan Dampaknya

Posted on

Jenis-Jenis Pencemaran Udara dan Dampaknya – Pencemaran Udara disebabkan oleh asap buangan seperti gas karbondioksida dari hasil pembakaran, SO, SO2, CFC, CO, dan asap dari rokok.

Berikut ini penjelasan jenis-jenis penyebab pencemaran udara

1. CO2 (Karbondioksida)

Polusi udara CO2 (Karbondioksida)
Pencemaran Udara CO2 (Karbondioksida)

Pencemaran udara yang sangat menonjol ialah semakin meningkatnya kadar karbondioksida diudara. Co2 tersebut berasal dari pabrik yang menggunakan mesin-mesin yang berbahan bakar fosil yaitu batubara dan minyak bumi juga dapat berasal dari mobil, kapal, pesawat terbang dan pembakaran kayu. Meningkatnya kadar karbondioksida diudara tidak akan segera diubah menjadi oksigen oleh tumbuhan karena banyaknya hutan diseluruh dunia yang ditebang. Hal tersebut dapat mengakibatkan efek rumah kaca.

2. CO (Karbonmonoksida)

Pencemaran Udara CO (Karbonmonoksida)
Pencemaran Udara CO (Karbonmonoksida)

Pencemaran gas karbonmonoksida (CO) dapat terjadi dilingkungan rumah seperti menghidupkan mesin mobil dalam garasai yang tertutup sehingga proses pembakaran pada mesin tidak sempurna, maka proses pembakaran tersebut akan menghasilkan gas karbonmonoksida yang keluar memenuhi ruangan. Hal tersebut dapat membahayakan orang yang berada yang ada dalam garasi. Selain itu saat tidur dalam mobil dan menghidupkan AC dalam keadaan tertutup juga berbahaya karena bocoran gas korbonmonoksida dari knalpot akan masuk kedalam mobil dan menyebabkan kematian.

3. CFC (Khloro fluoro Karbon)

CFC (Khloro fluoro Karbon)
CFC (Khloro fluoro Karbon)

Gas CFC sering digunakan sebagai pengembang karena gas tersebut tidak beraksi, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berbahaya. GAs ini dapat digunakan untuk mengembangkan busa, untuk AC, Pendingin pada kulkas dan hair spray. Gas CFC yang dapat membumbung tinggi dapat mencapai stratofer yang terdapat pada lapisan ozon. Jika gas CFC sampai kelapisam ozon, maka akan terjadi reaksi antara CFC dan ozon sehingga lapisan tersebut berlubang dan yang sering disebut lubang ozon.

4. SO, SO2

Pencemaran Udara SO, SO2
Pencemaran Udara SO, SO2

SO, SO2 (Gas Belerang Oksida) Diudara juga dihasilkan dari pembakaran fosil. Gas tersebut dapat bereaksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan sehingga air hujan menjadi asam dan terjadilah hujan asam. Hujam asam akan mengakibatkan tumbuhan dan hewan tanah mati, Produksi pertanian akan merosot, besi dan logam akan mudah berkarat, bangunan kuno seperti candi akan cepat rusak dan aus, begitu pula pada bangunan gedung dan jembatan.

5. Asap Rokok

Pencemaran Udara Asap Rokok
Pencemaran Udara Asap Rokok

Pencemaran diudara yang lain, yang sangat berbahaya bagi kesehatan ialah asap rokok. Asap rokok banyak mengandung berbagai bahan pencemar yang menyebabkan batuk kronis, kanker paru-paru, mempengaruhi janin dalam kandungan, dan berbagai gangguan lainnya. perokok dibedakan menjadi 2 yaitu, perokok aktif dan pasif. PErokok aktif merupakan orang yang merokok. Sedangkan perokok pasif ialah orang yang hanya menghirup asap rokok disuatu ruangan. Menurut penelitian perokok pasif mempunyai resiko yang lebih besar dibanding perokok aktif sehingga orang yang merokok didalam ruangan bersama orang lain yang tidak merokok dapat mengganggu kesehatan orang lain.

Beberapa akibat pencemaran udara:

  1. Terganggunya kesehatan manusia.
  2. Rusakannya bangunan karena pelapukan.
  3. Terganggunya pertumbuhan tanaman.
  4. Terjadinya hujan asam.

Itulah sekilah penjelasan tentang pengertian pencemaran udara, semoga penjelasn tersebut dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Loading...