7 Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Sehari-hari & Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon

7 Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Sehari-hari & Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon

Posted on

7 Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Sehari-hari & Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon – Atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti masing-masing dari planet, termasuk planet Bumi. Lapisan Atmosfer merupakan sekumpulan dari lapisan-lapisan gas yang menyusun atmosfer berurutan dari permukaan bumi sampai keluar angkasa meliputi lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer & eksosfer.

Manfaat Atmosfer

Atmosfer sendiri merupakan salah satu komponen terpenting atau utama pendukung kehidupan di bumi selain air.

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat atmosfer bagi kehidupan di muka bumi.

7 Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Sehari-hari & Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon

1. Berfungsi memantulkan kembali sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Radiasi ultraviolet ini sangatlah berbahaya bagi makhluk hidup di bumi.

2. Dapat melindungi bumi dari benturan benda-benda langit seperti meteor yang hancur lebih dahulu di lapisan mesosfer sebelum menyentuh Bumi.

3. Sebagai pemantul gelombang radio yang dapat digunakan dalam proses telekomunikasi yaitu pada lapisan ionosfer.

4. Dapat menjaga kestabilan suhu udara, agar tidak terlalu panas disiang hari maupun terlalu dingin di malam hari.

5. Dapat membantu makhluk hidup dalam pemenuhan kebutuhan oksigen untuk bernapas.

6. Dapat menjaga temperatur (suhu) bumi dan tanpa atmosfer, temperatur di bumi pada siang & malam dapat berbeda drastis. Bisa jadi temperatur siang akan tinggi sekali & begitupun temperatur malam akan rendah sekali. Atmosfer menjaga agar temperatur antara siang & malam hari tidak terlalu jauh berbeda.

7. Sebagai sumber gas & uap pembuat hujan.

Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon

Dan kami berikan beberapa bahaya kerusakan dari lapisan ozon yang mengalami kerusakan karena adanya CFC (Cloro Fluro Carbon) yakni gas yang biasa digunakan untuk bahan pendingin, AC, kulkas & hairspray. CFC sendiri akan menguraikan ozon (O3) menjadi O2 & O, sehingga dapat menyebabkan ozon berkurang & bisa membuat lubang ozon. Dan rusaknya ozon ini dapat mengakibatkan suhu bumi meningkat & terjadi gangguan iklim.

Ozon(O3) itu merupakan salah satu dari gas-gas yang membentuk atmosfer. Lapisan ozon yang terdapat di kulit bumi bagian Stratosfer. Lapisan ozon juga merupakan penghalang bagi sinar ultra violet yang dipancarkan oleh matahari. Jadi apa yang akan terjadi apabila seandainya lapisan ozon ini semakin menipis? Tentu saja banyak hal-hal yang sangat berbahaya akan terjadi.

Dan berikut Beberapa diantaranya:

1. Naiknya permukaan air laut, dan akibat dari mencairnya gunung-gunung es di kutub utara. Yang lambat laun daratan akan diliputi air & tenggelam.

2. Menipisnya jumlah fitoplankton di laut, yang merupakan basis rantai makanan. Hal ini sangatlah berbahaya bagi kelangsungan biota laut & kehidupan makhluk hidup.

3. Sinar ultra violet yang masuk ke permukaan bumi, Dapat menyebabkan berbagai penyakit. Seperti timbulnya penyakit kanker kulit, katarak & penurunan daya tahan tubuh.

4. Sinar ultra violet juga dapat mengurangi hasil panen, dikarenakan tanaman menjadi rusak.

Nah itulah kira-kira manfaat hingga kerusakan dari lapisan atmosfer, semoga dapat mengingatkan kita harus lebih sayang dengan bumi kita, sekian dari kami dan terima kasih.

Loading...