13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

Posted on

13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia Secara Umum, silahkan disimak!!!

Fungsi Hati Manusia

Ada beberapa fungsi hati, dan diantaranya ialah sebagai berikut:

13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

1. Menetralisir racun di dalam tubuh. Fungsi utama dari hati adalah untuk menetralkan racun di dalam tubuh atau detoksifikasi. Organ hati juga dapat membantu menghilangkan racun-racun yang berbahaya pada tubuh.

2. Menghasilkan atau memproduksi empedu. Hati juga dapat membantu menghasilkan cairan empedu. Empedu sendiri dihasilkan dari perombakan sel darah merah & empedu yang dihasilkan berupa hemoglobin. Fungsi dari cairan empedu ini sendiri yaitu untuk mengemulsikan lemak makanan yang dicerna. Empedu ini juga berwarna kehijauan.

3. Dapat Menyaring darah. Hati juga dapat memfilter darah yang akan diedarkan ke seluruh tubuh. Darah yang tersaring baru ini dapat mengalir ke seluruh tubuh.

4. Dapat menghasilkan urea. Urea sendiri merupakan zat hasil perombakan protein. Zat ini harus dikeluarkan oleh tubuh karena beracun. Urea pun diangkut dari hati ke ginjal yang dikeluarkan bersamaan dengan urin.

5. Kemampuan dalam mendaur ulang sel-sel darah merah. Setelah di daur ulang, sel-sel darah merah yang rusak akan di uraikan oleh hati.

6. Menyimpan gula dalam tubuh. Gula yang disimpan kemudian akan diangkutnya ke seluruh tubuh yang dijadikan sebagai sumber energi manusia.

7. Menjaga keseimbangan didalam tubuh manusia.

8. Menghasilkan protein. Beberapa jenis protein dihasilkan oleh hati yang peranannya sangat penting bagi proses pembekuan darah didalam tubuh.

9. Dapat Melancarkan proses metabolisme didalam tubuh.

10. Dapat mengubah glukosa menjadi glukogen, yang mana tujuannya untuk mengatur kadar gula darah sehingga seimbang, tidak kurang ataupun tidak lebih.

11. Tempat sintesisi beberapa zat didalam tubuh

12. Tempat menyimpan vitamin A, B12, D, E, & vitamin K serta mineral.

13. Penghancuran sel eritrosit, namun di hancurkan bukan sembarang sel darah merah biasa. Eritrosit yang sudah memasuki masa tua atau kualitasnya yang tidak begitu baik akan di hancurkan, yang kemudian di produksi eritrosit baru.

Itulah sekilas tentang Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia Secara Umum, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Loading...