15 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap
15 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap

15 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

15 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap – Statistik ialah salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan untuk dipelajari supaya dapat dengan mudah dalam membuat suatu laporan, penelitian, observasi maupun riset yan berbentuk angka, dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis data sampai penyajian data yang tujuannya adalah penarikan kesimpulan. Statistik tergolong rumit bagi orang-orang yang belum memahami bagaimana cara memakainya. Karena itu di perguruan tinggi biasanya ada makul statistik bahkan mulai dari SMP.

Statistik berasal dari bahasa latin “status” yang berarti negara atau untuk menyatakan hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Pada awalnya statistik hanay berhubungan dengan sekumpulan angka yang berhubungan dengan penduduk suatu daerah atau negara serta pendapatan masyarakatnya, dengan perkembanagn zaman statistik mulai mencakup hal yang lebih luas maka dari itu banyak sekali pengertian dari statistik.

15 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap
15 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Statistik Menurut Beberapa Ahli :

1. Croxton dan Cowden : statistik ialah suatu metode untuk dapat mengumpulkan, mengolah dan menyajikan serta menginterpresentasikan data yang berbentuk angka-angka.

2. Modenhall : statistik ialah salah satu ilmu dari bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik serta digunakan untuk memebuat keputusan dari suatu populasi dari data itu didapatkan.

3. Anderson dan Bancroft : mereka menyatakan bahwa statistik sebagai ilmu dan seni perkembangan juga metode yang paling tepat dan efektif dalam pengumpulan, mentabulasikan dan menginterpresentasikan data kuantitatif.

4. Asher : statistik berhubungan dengan suatu langkah atau metode dalam merarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.

5. Stoel dan Torrie : statistik adalah suatu metode yang memberikan cara-cara untuk dapat menilai ketidaktentuan dari penarikan suatu kesimpulan yang bersifat induktif.

6. Mood, Graybill dan Boes : mereka mengemukakan bahwa statistik merupakan suatu teknologi dari salah satu metode ilmiah dan berkaitan erat dengan percobaan, penyelidikan dan penarikan kesimpulan.

7. Ir. M. Iqbal Hasan, MM : beliau mengungkapkan statistik sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data yakni tentang tatacara dalam pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari data dalam bentuk angka-angka.

8. Kendal dan Stuart : beliau menuturkan bahwa statistika merupakan cabang dari metode ilmiah yang memiliki kaitan dengan pengumpulan data yang di kimpulkan dengan cara mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.

9. Marguerrite F. Hall : beliau mengatakan, statistik merupakan teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan data, menganalisa, menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

10. Freund dan Walpole : mejelaskan bahwa statistik sebagai salah satu sains dalam hal pengambilan keputusan yang belumm pasti.

11. Sudjana : Beliau Menyimpulkan bahwa statistik sebagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknik-teknik maupun cara-cara dalam pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data dan publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

12. Sugiyono : Menurutnya, bahwa statistik dalam arti sempit merupakan sebagai data dan alat. Dalam hal luas, statistik merupakan suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan.

13. Prof. DRS. Sutrisno Hadi, MA : beliau Mengemukakan bahwa statistik sebagai salah satu cara untuk mengolah data dan menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebiah pengolahan data.

14. Prof. DR. Agus Irianto : Beliau Menjelaskan bahwa statistik sebagai sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

15. Suntoyo Yitnosumarto : BeliauMengemukakan bahwa statistik sebagai sebuah informasi yang menggunakan metodologi & cara-cara perhitungan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

Itulah sekilas pengertian statistik secara umum dan para ahli, sampai berjumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :
Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD SMP SMA

Loading...