Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi
Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi

Posted on

Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi – Untuk menentukan peran konsumen dan produsen dalam bidang ekonomi adalah sebagi berikut :

Peran Konsumen

1. Memberikan faktor-faktor produksi untuk produsen. Hal ini bisa berupa faktor-faktor produksi, semacam tanah, uang, tenaga kerja sampai modal.

Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi
Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi

2. Selaku penerima imbalan dari jasa dalam penggunaan faktor-faktor dari produksi.

3. Konsumen selaku pemakai, yang mengurangi serta menghabiskan barang dan jasa dalam rangka mempenuhi kebutuhan agar dapat mempertahankan hidup. Dalam hal semacam ini konsumen berperan selaku pemakai dari barang-barang produksi.

4. Selaku penyalur barang serta jasa. Dalam hal ini konsumen berperan selaku distributor. Misal ketika hendak berpergian seseorang akan membeli barang-barang khas dari suatu daerah yang akan dituju sebagai buah tangan.

5. Membayar pajak terhadap pemerintah atau negara. Misal seperti pajak pertambahan nilai untuk sebuah barang yang dibebankan kepada sebagian konsumen.

Peran Produsen

1. Penghasil atau pembuat barang dan jasa.

2. Konsumen jasa-jasa produktif untuk konsumen, dapat berupa tenaga kerja, tanah untuk modal, usaha sampai ke tenaga kerja ahli sebagai pemimpin perusahaan.

3. Membayar jasa-jasa dari penggunaan faktor-faktor produksi terhadap konsumen yang dapat berupa pembayaran upah atau sewa..

4. Mengelola faktor-faktor dari produksi serta melakukan suatu kegiatan produksi barang dan jasa.

5. Sebagai Agen pembangunan. Pada setiap perusahaan tidaklah hanya mengejar keuntungan bagi pemilik modal namun juga bertanggung jawab atas kesejahteraan karyawannya secara khusus serta masyarakat pada umumnya.

6. Menerima masukkan atau pendapatan atas penjualan barang serta jasa yang telah di produksi.

7. Membayar kewajiban pajak kepada negara. semacam konsumen, pajak pula di bebankan sebagian kepada produsen serta sebagai kompensasi kepada negara.

Peran Pemerintah

1. Sebagai badan yang mengatur kehidupan ekonomi.

2. Yang Membuat perencanaan untuk jangka panjang dan menengah (GBHN)

3. Menyediakan sarana serta prasarana untuk pembangunan.

4. Menetapkan suatu peraturan perundang-undang agar dapat mengatur, melindungi, atau menentukan cara-cara untuk melakukan kegiatan ekonomi.

5. Sebagai konsumen. Agar dapat menjalankan tugasnya, pemerintah harus memerlukan bermacam-macam barang atau jasa, misal kegiatan administrasi pada pemerintahan, sangat diperlukannya alat tulis serta peralatan kantor lainnya, serta untuk transportasi diperlukan kendaraan, dan sebagainya. Dalam hal ini pemerintah juga berperan selaku konsumen.

6. Sebagai produsen. Pemerintah juga bertindak selaku produsen agar dapat menghasilkan suatu barang atau jasa yang menyangkut suatu kepentingan orang banyak yang dikerjakan melalui BUMN.

Masyarakat Luar Negeri

1. Untuk Mengelola investasi atas penanaman modal asing di suatu negara dengan mendirikan atau membangun suatu perusahaan milik asing serta swasta nasional (joint venture).

2. Menerima bantuan dari luar negeri yang berupa pinjaman dari berbagai negara asing atau lembaga keuangan internasional.

3. Pengekspor dan pengimpor barang serta jasa.

4. Sebagai wisatawan mancanegara.

Itulah Peran Produsen dan Konsumen Dalam Kegiatan Ekonomi, semoga dapat menambah wawasan kita.

Loading...