Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap
Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap

Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap – Novel merupakan kata yang berasal dari bahasa Italia, yang berarti baru. Novel ialah karangan yang panjang yang berbentuk prosa dan mengandung rangkaian suatu cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya dengan menonjolkan watak atau sifat setiap pelaku.

Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap
Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap

Ciri-ciri Novel, yakni sebagai berikut:

  1. Kata yang berjumlah lebih dari 35.000 buah kata.
  2. Rata-rata jumlah waktu yang diperuntukkan membaca sebuah novel yang paling pendek diperlukan waktu minimal 2 jam atau 120 menit.
  3. Halaman novel minimal berjumlah 100 halaman.
  4. Novel bergantung pada pelaku dan mungkin lebih dari satu pelaku.
  5. Novel menyajikan lebih dari satu impresi, efek dan emosi.
  6. Skala novel luas.
  7. Seleksi pada novel lebih luas.
  8. Kelajuan pada novel kurang cepat.
  9. Unsur-unsur kepadatan dan intensitas dalam novel kurang diutamakan.

Jenis-jenis Novel

1. Jenis Puisi Berdasarkan kejadian nyata atau tidaknya, novel terbagi kedalam dua jenis, yaitu:

  • Fiksi. Novel fiksi ini merupakan novel yang tidak ada kejadiannya di dunia atau tidak pernah terjadi. Novel ini hanyalah sebuah karangan atau fiktif belaka dari pengarangnya juga sebuah khayalan atau imanjinasi penulisnya. Contohnya: Spiderman, Harry Potter, Twilight.
  • Non Fiksi. Novel Non Fiksi ini Merupakan kebalikan dari novel fiksi, yakni jenis novel yang benar-benar terjadi atau nyata yang sudah pernah terjadi atau pernah ada dan ilmiah. Contohnya: Laskar Pelangi, Sarjana Muda, Semua Ayah Adalah Bintang.

2. Jenis novel berdasarkan genre cerita,jenis novel ini di bagi kedalam beberapa macam, yaitu:

  • Novel romantic, cerita dalam genre novel yang satu ini, berkisah tentang percintaan dan kasih sayang dari awal hingga akhir cerita.
    Contohnya: Ayat Ayat Cinta, Gita Cinta dari SMU
  • Novel horror, cerita dalam genre novel yang satu ini, mempunyai cerita yang menegangkan, seram yang pastinya membuat pembaca akan berdebar debar saat membacanya, umumnya bercerita seputar hal hal yang mistis atau seputar dunia gaib.
    Contohnya: Bangku Kosong, Hantu Rumah Pondok Indah
  • Novel misteri, cerita dalam genre novel ini lebih rumit dikarena akan menimbulkan rasa penasaran hingga akhir cerita.
    Contohnya: Novel novel karangan Karen Rose dan Agatha Christie
  • Novel komedi sesuai dengan namanya, genre novel ini mengandung unsur akan kelucuan atau akan membuat orang tertawa dan benar benar tertidur.
    Contohnya: Masuk Masukin Saja, Kambing Jantan, 30 Hari Mencari Cinta
  • Novel Inspiratif, genre novel ini yang ceritanya mampu menginspiri banyak orang, pada umumnya novel ini sarat akan pesan moral atau hikmah tertentu yang bisa di ambil oleh pembaca supaya pembaca merasa mendapat suatu dorongan dan motivasi untuk melakukan hal yang lebih baik.
    Contohnya: Negeri 5 Menara, Laskar Pelangi.

3. Jenis novel berdasarkan isi dan tokoh serta pangsa pasar, yakni:

  • Teenlit merupakan berasal dari kata teen yang berarti remaja dan lit dari kata literature yang berarti tulisan /karya tulis. Jenis novel ini bercerita tentang permasalahan para remaja pada umumnya, tentang cinta atau persahabatan. Tokoh dan pangsa pasarnya novel ini merupakan anak usia remaja, usia yang di anggap labil dan memiliki banyak permasalahan.
    Contohnya: Me vs Heighells, Dealova, Rahasia Hati Lelaki dan lainnya
  • Chicklit chick merupakan bahasa slang yang berasal dari amerika yang berarti wanita muda, dalam artian jenis novel yang satu ini bercerita tentang seputar kehidupan atau permasalahan yang di hadapi oleh seorang wanita muda pada umumnya. Jenis buku novel ini sebenarnya bisa di nikmati oleh siapa saja, akan tetapi pada umumnya cerita dari novel ini lebih kompleks, rumit bahkan kadang mengandung unsur dewasa yang tidak terlalu mudah di tangkap oleh pembaca usia remaja singkat.
    Contohnya: Miss Jutek, Testpack, Klub santap Malam Rahasia, dan lainya
  • Songlit novel ini di tulis berdasarkan sebuah lagu contohnya ruang rindu, di mana judul novel merupakan judul sebuah lagu ciptaan letto group band indonesia yang terkenal lewat lagu ini yang menjadi soundtrack sinetron intan yang melambungkan nama naysila mirdad dan dude harlino, buku ini bisa di nikmati oleh siapapun baik remaja maupun orang dewasa.
    Contonya: Lelaki Buaya darat, sebelum cahaya dan lainnya
  • Novel dewasa merupakan jenis novel yang di peruntukkan bagi orang dewasa karena pada umumnya ceritanya bisa seputar percintaan yang mengandung unsur sensualitas orang dewasa.
    Contoh: Saman dan Larung penulis Ayu Utami, Novel on The island

Itulah sekilas tentang Jenis-jenis Novel semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca. sekian dan terima kasih.

Loading...