Pengertian Sistem pemerintahan
Pengertian Sistem pemerintahan

Pengertian Sistem pemerintahan Beserta Contonya lengkap

Posted on

Pengertian Sistem pemerintahan Beserta Contonya lengkap – Definisi Sistem Pemerintahan, merupakan metode suatu sistem yang membuat suatu yang kompleks supaya menjadi teratur dari komponen pemerintahan yakni seperti pandangan, asas, undang-undang, teori dan hal lainnya tentang pemerintahan negara. Apa bila dipecah Sistem Pemerintah didapat dua kata yaitu sistem dan pemerintah.

Pengertian Sistem pemerintahan
Pengertian Sistem pemerintahan

Sistem merupakan suatu hal yang tidak sederhana atau komples namun terorganisasi. Di dalam sistem ada pola yang membagi dan menghubungkan suatu komponen yang memiliki suatu fungsi atau parameter yang sama supaya saling terhubung satu sama lain. Sitem juga dapat diartikan suatu pandangan agar sesuatu yang kompleks supaya dapat dimengerti. Sistem ialah batasan metode dimana metode ini akan memkoridorkan batasan masalah yang akan dihubungkan atau beberapa komponen yang memiliki suatu parameter kesamaan yang saling terhubung dalam suatu batasan.

Pemerintahan merupakan proses ketatanegaraan di dalam negara. Pemerintah ialah kelengkapan untuk menjalankan pemerintaha di suatu negara. Fungsi dari pemerintah ialah untuk menjalankan tugas yang esensial dan fakultif yang dibutuhkan suatu negara supaya tetap berdaulat dan sejahtera. Tugas esensia (Tugas asli Negara) merupakan mempertahankan negara agar diakui dan berkedaulatan. Dan tugas fakultifa ialah supaya rakyat tetap dalam wilayah yang sejahtera baik secara umum, pendidikan, logika, estetika, etika, sosial dan hukum, serta ekonomi.

Dan dapat kita simpulkan secara umum definisi dari sistem pemerintahan dalam suatu negara ialah suatu sistem yang mana untuk menjaga kestabilan masyarakat dalam berbagai segi sosial dan norma serta ekonomi, menjaga kestabilan sistem dalam menjaga kedaulatan negara, menjaga kekuatan dalam segi pertahanan, ekonomi, politik sampai keamanan dimata dunia agar menjadi suatu sistem pemerintahan yang berkelanjutan atau terus untuk memenuhi tugas esensial dan tugas fakultif dari suatu negara.

Sistem Pemerintahan Pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Sistem Pemerintahan Presidensial
  2. Sistem Pemerintahan Parlementer

Sekian ulasan seputar sistem pemerintahan semoga dapat menambah wawasan kita, Terima Kasih

Loading...