Upaya Pelestarian Flora dan Fauna
Upaya Pelestarian Flora dan Fauna

Upaya Pelestarian Flora dan Fauna

Posted on

Upaya Pelestarian Flora dan Fauna – Saat ini banyak tumbuhan dan hewan yang sulit untuk dapat dijumpai karena maraknya perburuan untuk maksud tertentu seperti dijadikan hiasan, dijual di pasar gelap, dijadikan obat ataupun dimakan. Hutan pun semakin habis ditebang untuk dijadikan perumahan, kebun sawit atau perkebunan perusahaan tertentu, sebagai lahan industri dan lain-lain.

Upaya Pelestarian Flora dan Fauna
Upaya Pelestarian Flora dan Fauna

Tumbuhan dan hewan yang susah ditemui dinamakan tumbuhan atau hewan langka. Agar tumbuhan dan hewan tersebut tetap ada maka dilakukan upaya pelestarian.

Untuk tumbuhan disediakan Cagar Alam dan untuk hewan disediakan Suaka marga Satwa. ditempat tersebut tumbuhan dan hewan akan dikembang biakan dengan aman sehingga tidak diganggu oleh tangan-tangan jahil manusia. Pemerintah juga membangun pusat-pusat rehabilitasi dan tempat penangkaran untuk hewan-hewan tertentu seperti, Way Kambas dan Taman Nasional Bukit Barisan yang ada di Provinsi Lampung.

Melakukan Pembangunan juga harus memperhatikan kesetabilan atau keseimbangan antara manusia dan lingkungannya sehingga menciptakan lingkungan yang baik dan sehat. Ditetapkannya jenis-jenis binatang yang harus dilindungi seperti: Harimau Sumatra, Badak, Gajah, Banteng, Menjangan, Kangguru Pohon, Anoa, dan lain-lain. Digalakkannya gerakan pelestarian hutan dengan menangkap dan mencegah ilegal loging atau penebangan hutan dengan liar, melakukan penghijauan kembali atau reboisasi pada hutan yang gundul, menerapkan sistem tebang pilih agar kelestarian hutan tetap terjaga. WALHI juga berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan.

Melindungi hewan-hewan terancam punah dengan melakukan pengawasan ditempat-tempat yang berpotensi menjadi jalur keluar masuknya hewan ke luar negeri, mengembalikan hewan ke habitat asalnya serta melindungi hewan dari perburuan liar. Biota laut juga dilestarikan dengan mencegah kerusakan diperairan, melarang siapa saja yang akan menangkap ikan atau biota laut lain dengan menggunakan alat atau bahan yang akan merusak laut atau biota laut lainnya seperti Pukat Harimau.

Melestarikan terumbu karang agar ikan-ikan dan biota laut lain dapat berkembang biak dengan baik dan aman sehingga anank-anak ikan dan lainnya dapat hidup. Adapun beberapa hewan laut yang harus dilindungi ialah Ikan Selusue Maninjau, Ikan Raja Laut, Ikan Belida, Hiu Gergaji dan masih banyak lainnya.

Loading...