Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi
Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Posted on

Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi – Bicara tentang Sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi, tentu kita harus mengetahui apa dulu itu masalah dalam ekonomi. Masalah ekonomi sendiri terdiri dari 3 pertanyaan yaitu what, how dan whom, What merupakan (apa barang yang di produksi), how meruapakan (bagaimana barang tersebut di produksi) dan yang terakhir, yaitu whom merupakan (untuk siapa barang tersebut di produksi).

Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi
Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Sistem Ekonomi Sebagai Alat untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan serangkaian ekonomi yang saling berhubungan dan saling ketergantungan satu sama lainnya dalam rangka mencapai suatu tujuan perekonomian. Pada dasarnya terdapat tiga sistem di dalam ekonomi yang di kenal yaitu, sestem ekonomi kapitalis, sistem ekonomi sosialis dan campuran.

Sistem ekonomi kapitalis sendiri merupakan sistem dimana seluruh kegiatan dari ekonomi baik dari segi produksi, konsumsi, atau pun distribusi yang diatur oleh swasta. Di dalam sistem ekonomi kapitalis murni sendiri seluruh sumber daya yang ada, dimiliki dan dikuasai oleh anggota masyarakat untuk dikembangkan secara bebas. Jawaban dari pertanyaan what, how dan whom ditentukan melalui voting atau pilihan sukalera atas dasar kepentingan pribadi yang rasional dan dibuat di pasar bebas. Kegiatan perekonomiannya sendiri diatur oleh pemerintah pusat begitu pula dengan tiga pertanyaan diatas dilakukan oleh pemerintahan pusat.

Sistem ekonomi sosialis merupakan sistem dalam ekonomi dimana seluruh kegiatannya baik kegiatan produksi, distribusi sampai konsumsi diatur oleh negara atau pemerintah pusat.

Sistem ekonomi campuran merupakan sistem ekonomi yang menggambungkan kedua sistem yaitu sistem kapitalis dengan sosialis. dalam sistem ekonomi ini persoalan dan organisasi perekonomian di pecahkan dengan cara bekerja sama antara pemerintah dan swasta.

Di Indonesia sendiri pengaturan kegiatan ekonomi untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dari what, how dan whom dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat ataupun swasta secara bersama-sama, berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi, sekian pembahasan tentang sistem ekonomi untuk memecahkan masalah dalam ekonomi semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita.

Loading...