Lembaga Sosial di Keluarga
Lembaga Sosial di Keluarga

Pengertian Lembaga Sosial Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Lembaga Sosial Dan Contohnya Lengkap – Lembaga sosial terbentuk dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan kehidupan bersama. Adapun pengertiannya sendiri adalah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam melakukan hubungan antar manusia dalam menjalani kehidupan yang bertujuan mendapatkan keteraturan hidup, dan fungsi dari lembaga sosial adalah untuk mengontrol kegiatan atau aktivitas manusia.

Contoh Lembaga Sosial

Dan berikut ini kami berikan contoh lembaga sosial yang ada disekitar kita.

1. Keluarga

Keluarga adalah salah satu unit sosial yang paling kecil dalam masyarakat yang terdiri atas seorang Ayah, Ibu dan Anak-anaknya. Dalam keluarga diatur hubungan antara anggota keluarga agar anggota keluarga memiliki peran dan fungsinya masing masing.

Lembaga Sosial di Keluarga
Lembaga Sosial di Keluarga

Contohnya:

  • Ayah merupakan pemimpin atau kepala keluarga serta menjadi tulang punggung keluarga. Ayah mempunyai kewajiban memenuhi kebutuhan keluarga, khususnya anak.
  • Ibu sebagai pendamping kepala keluarga dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangganya.

Keluarga ialah tempat sosialisasi awal bagi anak. Dilingkungan keluarga, anak mulai dilatih serta diperkenalkan cara hidup bersama orang lainnya. Anak diajak memahami lingkungan yang lebih luas, sehingga pada saat nanti seorang anak benar-benar siap untuk hidup bermasyarakat. Maka oleh orang tuanya, anak diperkenalkan aturan dan nilai-nilai sosial yang berlaku di dalam masyarakat.

2. Lembaga Pendidikan

Lembaga Sosial di Lembaga Pendidikan
Lembaga Sosial di Lembaga Pendidikan

Lembaga Pendidikan merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar yang dilakukan untuk mengatur tingkah laku seseorang agar menjadi lebih baik melalui hubungan dengan lingkungan sekitar kita. Lembaga ini meliputi jenjang pra-sekolah sampai ke jenjang pendidikan paling tinggi. Pendidikan bisa dikatakan sebagai lembaga lanjutan dari lembaga keluarga. Dengan lembaga pendidikan, anak akan diperkenalkan mengenai kehidupan dalam masyarakat yang lebih luas. Anak pula nantinya akan belajar bagaimana cara memanfaatkan, mengolah, dan menghemat sumber daya alam.

3. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan bagian dari lembaga sosial yang mengatur hubungan antar manusia dalam pemenuhan kebutuhan pokok. Lembaga ini bertujuan mengatur bidang-bidang dalam ekonomi agar tercapai kehidupan yang sejahtera serta terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Secara sederhana lembaga ekonomi ini dapat di klasifikasikan sebagai berikut:

Lembaga Sosial di Lembaga Ekonomi
Lembaga Sosial di Lembaga Ekonomi
  • Sektor Agraris meliputi kegiatan di bidang pertanian, seperti sawah, perladangan (ladang), perikanan sampai peternakan.
  • Sektor Industri ditandai dengan kegiatan produksi barang. Sektor ini sangat membutuhkan lembaga ekonomi yang terhubung dan saling bergantung dalam satu sistemnya, contoh pabrik mobil, pabrik makanan dan masih banyak lagi.
  • Sektor Perdagangan merupakan aktivitas dalam penyaluran barang dari produsen ke konsumennya. Di dalam sektor ini pengembangan tatanan sosial untuk menjalin hubungan antara pembeli dan penjualnya. Di sektor ini pula diatur cara memperoleh keuntungan, cara pembelian baik itu secara kontan maupun kredit, dan memupuk semangat kewirausahaan.

4. Lembaga Politik

Lembaga Sosial di Lembaga Politik
Lembaga Sosial di Lembaga Politik

Lembaga Politik merupakan suatu badan khusus dalam pengaturan pelaksanaan kekuasaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan ber masyarakat agar tercapai suatu keteraturan dan tata tertib kehidupan bermasyarakat. Lembaga politik sendiri dapat berbentuk pemerintahan yang berperan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban, serta melayani dan melindungi masyarakat. Contoh dari lembaga politik sendiri adalah DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), Parpol (Partai Politi), MPR (Majelis Perwakilan Rakyat), pemerintah pusat dan daerah dan sebagainya.

5. Lembaga Agama

Lembaga Sosial di Lembaga Agama
Lembaga Sosial di Lembaga Agama

Lembaga Agama merupakan sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat. Agama sendiri pada dasarnya aktivitas manusia untuk berhubungan dengan Tuhannya. Agama sendiri sangatlah penting untuk menyeimbangkan kehidupan manusia yaitu antara kehidupan dunia dan akhirat. Pendidikan Agama untuk menuntun seorang individu untuk berperilaku baik terhadap sesama manusia, mahkluk hidup lain dan alam sekitar. Dan harus disadari bahwa sumber daya alam merupakan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia dan harus disyukuri. Salah satu caranya dengan memelihara kelestarian alam.

Loading...