Pengertian dan Contoh Paragraf Naratif
Pengertian dan Contoh Paragraf Naratif

Pengertian dan Contoh Paragraf Naratif

Posted on

Pengertian dan Contoh Paragraf Naratif – Paragraf Naratif merupakan paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu sehingga pembaca bisa merasakan kejadian tersebut.

Pengertian dan Contoh Paragraf Naratif
Pengertian dan Contoh Paragraf Naratif

Paragraf naratif terdiri dari:

1. Naratif Kejadian

Adalah paragraf yang menceritakan kejadian atau peristiwa.

2. Naratif Runtut Cerita

Adalah paragraf yang pola pengembangannya dimulai dari urutan tindakan atau perbuatan yang menciptakan atau menghasilkan sesuatu

Dalam Paragraf Naratif terdapat alur cerita tokoh, setting dan konflik. Paragraf Naratif juga tidak memiliki kalimat utama.

Contoh dari paragraf Naratif :

Minggu 17 Juli Pukul 06.00 pagi, para peserta “Perkemahan Songsong Ramadhan” sudah berkumpul di sekretariat Pramuka. Satu jam kemudian peserta berangkat menuju Bumi Perkemahan IAIN Raden Intan Lampung, dengan menggunakan mobil truck. Sampai ditempat seluruh anggota langsung mempersiapkan peralatan kemah untuk tiga hari kedepan. Pukul 12.00 anggota bersiap untuk istirahat, Shalat dan makan siang. Kegiatan dimulai kembali pukul 13.00, peserta dibagi dengan tugas masing-masing, ada yang membuat tenda, menyiapkan peralatan dan memasak. Pukul 17.30 semua persiapan selesai dan perkemahan dimulai. Pukul 18.00 peserta dipersilahkan untuk shalat Maghrib dimasjid letaknya tidak jauh dari tempat kemah. Pukul 19.00 Panitia memulai perkenalan struktur kepanitiaan dari ketua hingga anggota dan menjelaskan peraturan selama kegiatan berlangsung. Pukul 21.00 peserta dipersilahkan kembali ketenda masing-masing untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk kegiatan esok hari. Pukul 00.00 pembina atau ketua panitia berkeliling sekaligus melaksanakan apel tenda yang diikuti peserta pertenda, kegiatan tersebut dilakukan selama 10 menit lalu peserta dipersilahkan beristirahat kembali. Pukul 04.00 sebagian peserta sudah ada yang memulai persiapan untuk shalat karena mengingat peserta yang lumayan banyak. Pukul 04.30 peserta menuju masjid untuk melaksanakan shalat subuh. Usai shalat peserta mulai olahraga pagi sampai pukul 07.00 selanjutnya peserta melakukan makan pagi dan bersiap untuk kegiatan selanjutnya. Perlombaan dimulai pukul 08.00 sampai selesai, selama perkemahan bukan hanya pelombaan yang diadakan namun banyak kegiatan lain yang berguna bagi peserta seperti Pentas Seni, Bakti Sosial, Pawai Budaya, dan masih banyak kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut berakhir pada tanggal 20 Juli Pukul 19.00 dan semua peserta kembali kepangkalan masing-masing.

Dengan Demikian Para pembaca dapat merasakan urutan waktu yang digambarkan dalam tulisan, urutan waktu yang diisi dengan berbagai kegiatan tersebut akan menghasilkan tulisan naratif yang menarik untuk dibaca.

Loading...