Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif
Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif

Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif

Posted on

Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif – Paragraf Deskriptif Merupakan paragraf yang menggambarkan suatu objek yang dibuat dengan susunan kata-kata yang dapat merangsang Indera pembaca, sehingga pembaca dapat merasakan apa yang penulis ceritakan, dan berikut ini contohnya.

Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif
Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif

Contoh 1 Paragraf Deskriptif

Rumah itu dicat putih dibagian luar dan raung tamu, dengan lantai teras yang dicat hitam, terdapat dua kamar, satu kamar ada disamping ruang tamu dan kamar kedua ada dibelakang dekat ruang keluarga yang sekaligus menjadi ruang makan dan dapur. Kamar pertama berukuran 3×3 m dengan dinding yang belum dicat, ada tempat tidur berukuran sedang dan lemari susun berukuran sedang dipojok kamar dekat dengan jendela. Kamar kedua dengan ukuran yang sama tetapi dinding masih bata merah belum rapih, kamar kedua kurang teratur karena banyak tumpukan baju, ada yang didalam kerankang pakaian, tergantung di hanger, ditali dan dipaku. Dikamar kedua ada lemari pakaian berukuran besar dari kayu, diatas lemari tersebut ada oven yang ditaruh karena sudah tidak ada tempat lagi untuk menyimpannya, dipojok kiri ada karpet yang digulung dengan tumpukkan stok beras, dipojok atas ada tumpukkan sepatu dengan tas ransel dan koper, diruang tengah ada meja makan dipojok kiri dengan dispanser, dan dipojok atas ada rak televisi dan DVD, di ruang belakang ada lemari untuk menyimpan perkakas rumah, dipojok kanan atas ada meja kompor dengan ember air, kamar mandi ada disamping tempat masak. Seluruh lantai dalam rumah dilapisi karpet berwarna hijau kecuali ruang tamu berwarna coklat dan kamar depan yang lantainya belum dilapisi.

Contoh 2 Paragraf Deskriptif

Pantai itu mempunyai pasir yang sangat halus, luas, dan memanjang. Bibir pantai yang jauh membuat pengunjung dapat puas bermain dipinggir pantai, airnya jernih dengan ombak yang tenang pada waktu-waktu tertentu. Disepanjang pantai terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman, ada juga yang menjual peralatan renang, aksesoris, pakaian dan souvenir khas pantai atau daerah tersebut. Terdapat pula tempat penyewaan alat renang seperti ban dan pelampung, bagi pengunjung yang ingin bermain juga disediakan kanau, flying fish, banana boat, dan permainan air lainnya. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling pulau yang ada di tengah pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Pengunjung dapat menyelam dan bermain dengan ikan-ikan kecil yang ada di laut atau sekedar melihat-melihat terumbu karang, dipulau juga terdapat tempat yang cocok untuk bersantai dengan pasir yang halus, pohon-pohon yang rindang, angin sejuk dan ombak pantai yang tenang.

Loading...