Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi
Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi

Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi

Posted on

Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi – La Rose (1991:56) menyebutkan bahwa orang yang berpotensi memiliki ciri-ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Suka belajar dan mau melihat kekurangan dirinya,
  2. Memiliki sikap yang luwes,
  3. Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan,
  4. Tidak mau menyalahkan orang lain maupun keadaan.
  5. Memiliki sikap yang tulus bukan kelicikan,
  6. Memiliki rasa tanggung jawab,
  7. Menerima kririk saran dari luar,
  8. Berjiwa optimis tidak mudah putus asa.
Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi
Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi

Ciri-Ciri Orang Yang Berpotensi

Kalian tentu memahami menjadi orang yang berprestasi merupakan dambaan setiap orang. Namun terkadang setelah prestasi diraih justru berdampak kurang baik misalnya saja menjadi sombong, kurang menghargai orang lain bahkan merasa dirinya paling hebat. Untuk itu dalam upaya mengembangkan potensi diri untuk meraih prestasi, kita harus selalu mengembangkan sikap sebagai berikut:

a. Berdoa Kepada Tuhan

Sebagai makhluk yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan sebelum melakukan suatu aktifitas terlebih dahlu harus berdoa kepada Tuhan. Dengan berdoa diharapkan apa yang kita lakukan akan berhasil dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

b. Mengenal Potensi Diri

Sebagai makhluk individu dalam pengembangan potensi diri perlu mengetahui akan kekurangan dan kelebihan pada diri kita. Dengan mengetahui akan diri kita sendiri apa yang akan kita lakukan dapat bermanfaat dalam hidup.

c. Belajar Secara Teratur

Dengan belajar secara teratur dapat memberikan dorongan untuk meraih cita-cita hidup. Sebagai seorang pelajar untuk mendapat prestasi yang tinggi harus belajar secara teratur. Kebiasaan gemar membaca akan menambah wawasan yang luas. Selain itu, kita akan memperoleh berbagai pengetahuan yang bermafaat dalam kehidupannya.

d. Tidak Putus Asa

Dalam mengembangkan potensi diri, kita harus menyadari bahwa di sekeliling kita banyak hambatannya. Supaya cita-cita kita berhasil harus menyadari akan kelihan ataupun kekurangan yang berada diri kita masing-masing.

e. Menetapkan Cita-Cita

Seorang pelajar akan berhasil dalam bejarnya jika telah menetapkan cita-citanya. Cita-cita yang ditetapkan harus diusakan dapat terwujud dengan baik.

Loading...